Rabu, 12 November 2014

Sejarah Kota Pekanbaru

Sejarah Kota Pekanbaru terdiri dari perjalanan panjang kerajaan. Sama seperti sejarah kota kebanyakan yang disinggahi nama besar kerajaan, Pekanbaru juga demikian. Tidak banyak yang tahu sejak kapan awal mula Pekanbaru berdiri. Payung Sekaki ditengarai menjadi asal mula dari sejarah berdirinya kota Pekanbaru.

Payung Sekaki terletak di pinggir Sungai yang hingga saat ini masih ada yakni disepanjang aliran Sungai Siak. Dahulunya Payung Sekaki adalah sebuah ladang yang akhirnya berkembang menjadi sebuah kampung. Wilayah ini ditinggali oleh Suku Sinapelan yang dipimpin oleh seorang Batin.

Akhirnya Payung sekaki berubah nama menjadi Batin Sinapelan. Wilayah ini dipimpin oleh seorang Bujang Sayang. Ternyata wilayah kekuasaan Bujang Sayang ini meluas ke berbagai daerah. Nah hal ini tentu saja menimbulkan persaingan dengan negeri Petapahan di Muara Sungai Tapung.

Sementara Batin Senapelan dengan kesuksesannya, di seberang sana berdiri sebuah kerajaan yang tengah di takhlukan oleh Portugis. Tepatnya pada 1511, Kerajaan Malaka pindah ke Djohor-Riau. Dengan pindahnya Malaka, Senapelan menjadi jalur perdagangan yang sangat ramai baik dari dalam maupun luar negeri.

Akhirnya pada tahun 1972, Kerajaan Siak Sri Indrapura menjadikan Sinapelan sebagai Ibukota pusat kerajaan. Senapelan menjadi pintu gerbang perdagangan dan pelabuhannya berada di Teratak Buluh. Sultan Siak Alamuddinsyah kemudian merintis berdirinya pekan di Senapelan. Sejak saat itu tepatnya Selasa 21 Rajab 1204 H atau bersamaan dengan 23 Juni 1784 M, nama Senapelan sudah ditinggalkan dan berganti dengan nama Pekan Baharu.

Sementara itu Pekan Baharu lebih familiar disebut Pekanbaru kemudian ditetapkan menjadi Ibu kota Siak sejak 1784. Pekanbaru menjadi ibu kota provinsi dari sepuluh Provinsi Kerjaan Siak. Menurut kitab Babul Qawaid (Pintu segala pegangan), kerajaan Siak dibagi menjadi 10 propinsi, salah satunya Provinsi Pekanbaru.

Ingin tahu sejarah kota lain di Indonesia? Silakan kunjungi website kami di www.tintasejarah.com. Dapatkan informasi tentang sejarah masa lampau baik sejarah kota, sejarah tempat, sejarah perang, dan berbagai kisah lampau yang menarik lainnya. Pastinya semua yang kami sajikan akan menarik anda pada pengalaman masa lalu yang belum anda ketahui selama ini.

1 komentar:

  1. BOSAN KALAH TERUS DI WEB ANDALAN ?
    SAAT NYA UNTUK BERALIH DARI WEB ANDALAN ANDA

    ZOYA99(.)COM ADALAH WEBSITE POKER TERBESAR DAN TERPERCAYA SEASIA
    DENGAN
    - MINIMAL DEPOSIT & WITHDRAW 20RB
    - BONUS ROLLINGAN 0.3%
    - BONUS REFERAL 15%
    - PROSES DP DAN WD SUPER CEPAT
    - SERVICE TERBAIK

    CONTACT :
    Pin BBM : D8B82A86
    Pin BBM : 2BE5BC31
    Line : zoya_qq
    WA : +85515370075

    DENGAN 7 JENIS PERMAINAN YG BISA DIMAINKAN HANYA DENGAN 1 ID :
    • Poker
    • BandarPoker
    • AduQ
    • BandarQ
    • CapsaSusun
    • Domino99
    • Sakong

    INFO LEBIH LANJUT LANGSUNG SAJA KE
    zoya99(.)com

    BalasHapus

Copyright © 2013 Blog Hollow: Sejarah Kota Pekanbaru | www.bookie7.co